Wednesday, May 18, 2011

#2 Silent is Gold, Tapi Ngomong Terus is Malapetaka….!

Saya masih ingat seorang artis mengatakan seperti ini, “Silent is a gold”. Saya ingat ketika dia berkata demikian, dia (sang artis) sedang mengalami masalah dengan hukum, dan karena lawan nya (yang menuntut) selalu memberikan statement yang banyak, maka dia memilih untuk “diam”. Ngak tau alasanya mengapa artis keren itu berkata demikian, tapi menurut saya, mungkin karena ia tidak mau memperkeruh permasalahannya.

Ada pula yang mengatakan hal serupa, namun ini dengan latar belakang bahwa dia adalah seorang psikiater. Coba deh bayangakan kalo misalkan psikiater ngomong mulu, bisa-bisa si pasien mikir, “ini yang may curhat saya atau si psikiater?”

Namun kejadian saya hari ini tidak lah serupa dengan kejadian diatas. Saya masih ingat pagi ini, saya emang sengaja pergi mengajar dengan jalan kaki. Mungkin kalian pikir “weird” tingkah polah saya, lha wong ada motor ngapain jalan. Namun alasan saya adalah saya ingin menikmasti suasa daerha baru ini, disamping itu “Motret” kalo ada yang menarik. Jujur saja semenjak saya (ehemmm) beli kamera baru (walo ngak bagus-bagus amat), rasa enjoy motret saya timbul lagi, wal hasil saya jadi keseringan motret ngak jelas (hehe).

Okay..cukup kayaknya basa-basinya J

Jadi ini adalah pertemuan ke 2 saya untuk mengajar murid di salah satu TK di kota tetangga. Kelas pertama, cukup exciting. Kalian tahu karena terlalu banyak anak yang masuk (25 anak dalam satu kelas) jadi suasana kelas jadi agak ramai (padahal emang ramai Hehehhehe). Jadi kelas pertama saya lumayan kuwalahan karena ngak ada guru pendamping yang membantu. Tapi ya wes, pengalaman ini harus di buat acuan masa depan.

#catatan: mungkin usulan saya ada baiknya, kalo anaknya banyak begini, satu kelas di pegang beberapa guru, jadi ngak semrawut. Cuman harus ada yang jadi guru centralnya, supaya mata pelajaran tetap terfokus pada satu acuan.

Kelas pertama sudah selesai dengan pengalaman yang menarik. Sekarang masuk kelas ke dua. Nah kelas ini yang lumayan menyenangkan, hhehhe saya bilang menyenangkan karena, saya di kelas ini ketemu dengan anak yang (maaf) Nakal. Ya maaf kalo saya menghakimi, (seharusnya tidak boleh kalo seorang guru menghakimi muridnya, ini bisa membuat pola pikir anak jelek) cuman kejadiannya emang membuat saya jadi garam ehh geram maksudnya. Jadi ceritanya ada satu anak, lets say namanya Niko. Dia anaknya hiper active memang dan yang jadi masalah adalah dia sering ganguin temannya. Banyak omong sani-sini, jailin teman-temannya dan terlebih NGAK Mau di kasih tahu. Jadi saya pikir anak ini perlu di kasih tau secara tegas. Dan jadilah saya menegur dengan tegas dan hasilnya dia diam (dalam hitungan menit, balik lagi dia hehe)

#catatan: kalo menghadapi anak yang banyak omong itu lumayan susah apalagi yang hiperaktive dan ngak menurut. Ya itu banyak omong malah bikin kita jadi ngak konsen. Kasihan kan anak-anak yang laen kalo misalkan saja kita Cuman focus ke 1 anak itu doank. jadi kalo saya mengahadapi anak kayak gini, biasanya saya kasih gawean buat dia kerjakan, misalkan nulis yang banyak, gambar atau ,malah di jadikan contoh kalo pas ada drama J hehhe

Memasuki kelas yang ke 3 , saya jadi tenang karena anak-anaknya sudah bisa menangkap apa yang saya sampaikan. Dan itu malah mengurangi beban emosi saya karena mereka nurut. Cuman ada satu anak, karena kenurutannya, dia malah ngak mau ngomong sama sekali. Di suruh praktek bicara ehh malah diem, tapi bagusnya dia nulis rapi. pokonya murid idealis kalo dijadiakn murid yang nurut tapi ngak mau praktek J. So what I can do for this situation?

#catatan: kalo saya menemukan anak seperti ini sih gampang-gampang susah. Soalnya pas usia mereka seperti ini, itu bukan waktunya pinter nulis tapi harus pinter mengingat dan memrekam apa yang ada. Coba bayangkan, emang anak kecil bisa nulis dulu? Enggak kan, mereka pasti bisa ngomong dulu baru nulis. Nahh demikian juga yang saya terapkan, tapi kalo menemukan anak yang seperti ini, saya sih biasanya kasih tantangan, kalo ngak bisa jawab ngak boleh istirahat atau pulang. Tuch… pasti deh anak itu akan langsung ngomong. Kan ngak mungkin dia akan di kelas terus karena ngak mau ngomong.. ;)

Ya hari ini, pelajaran penting adalah, ngak selamanya diam itu baik dan ngak selamanya banyak omong juga baik. Jadi bersikaplah wajar, kalo pas waktunya bicara ya bicara kalo ngak ya diam is the best!

Tuch kan, kita bisa belajar dari anak-anak malah, belajar itu ngak musti dari orang besar dan (maaf) Tua, anak-anak juga bisa di jadikan guru kita :) Lets learn together :)

No comments:

Post a Comment