Monday, May 9, 2011

#1. Shocking Day.



Semua perubahan pasti diawali dengan rasa “Kaget atau Shock”. Misalkan saja, kita dateng ke tempat yang baru yang bena-bener berbeda, pasti dong, kita akan merasa canggung sendiri. Ya bagi setiap orang itu memang berbeda-beda, kadang ada yang dibuat lelucon ada pula yang pesimis dengan “Shock” yang alami.

Dan ini, pengalaman pertama gue, waktu menjalankan tugas dari kampus tercinta. Pelayanan Sosial. Dan walhasil, saya memilik buat ngajar di salah satu TK yang ada di kota tetangga. Emang sih, gue udah lama bekecimpung dalam pelayanan anak-anak, apalagi ngajar. Cuman, It’s funny, ketika pertama kali saya dateng ke sekolah ini. dengan membawa pengalaman yang dulu perah saya alami waktu ngajar dan segala persiapan pun udah diluar kepala.

Dan jujur saja, ini pengalaman gue pertama ngajar secara formal di sekolah.

Jam 7 kurang 15 menit saya sudah sampai di TK, dan hasilnya:

Nihil

Belum ada 1 batang hidung anak yang maen-maen di halaman. Secara sekilas, gue kaget dan shock saja bayangkang saja udah dibela-belain dateng awal ehhh malah semuanya masih kosong. Tapi kocak saja sih, bayangkan saja gue di TK besar gini dan sendirian, hemmm otak gue mulai berimajinasi kalo saja ini sekolah gue, hemmm pasti bangunannya tak bikin se-keren mungkin. Bukanya nyindir pemilik TK ini cuman kurang gaul saja kayaknya. J wes.. lupakan sebentar soal bangunan.

Sekarang anak-anak mulai dateng, dan gue pasang senyum semanis mungkin. Bisa-bisa gigi gue kering karena keseringan senyum hehhehe… ya iya lah coba bayangkan ketika meihat anak kecil trus tampang kita semrawut, alhasil pasti sang anak akan lari tunggang langgang. :)

Okay, ini kelas pertama yang gue tangani. Tau berapa anak yang ada dalam kelas, Yap.. 25 anak. Busyettt dah… masak gue disuruh nangani anak sebanyak ini. mana bisa tertangani kalo gini!

#catatan: nanti kalo gue punya TK sendiri, gue akan minta 1 guru menangani 5 anak deh.. jadi bisa ngerti perkembangan si anak. J bisa tau karakter anak, cara belajarnya, pokoknya tau soal anak yang ia tangani deh, jadi guru pun bisa tau soal anak ini lebih mendalam.

Jadi di kelas awal, gue kenalan dulu lah pastinya. Sambil maen-maen pelajaran pertama lancar! Tau kenapa? Karena anak ngak terbiasa dengan kalimat panjang dalam bahasa inggris. Jadi walhasil, gue cuman ngajari satu kata “Name”. karena ada guru yang bilang anak-anak terlalu sulit untuk menulis kalimat yang panjang! (Catet)

#catatan: kalo menurut gue sih, kalo anak-anak yang masih belum siap menulis (maksudnya diusia sekitar 4-5 tahun) jangan di suruh nulis dulu, dengerin aja dulu biar paham trus habis itu nulis deh berikutnya. Soalnya kalo disuruh nulis dulu tapi dia ngak paham kan percuma! J

Kelas I dinyatakan “Selesai”. Dan gue bisa istirahat. Kelas pertama menimbulkan keringat yang memasahi kemeja putuh saya. Tapi ya sudahlah, itung-itung olah raga sambil ngajar J. Di ruang guru, gue ketemu dengan guru yang lain pastinya. Dan kalian tau, dia bapak-bapak. Katanya dia ini guru laki-laki yang beredar di TK ini, jadi dialah sang Adam diantara para guru Hawa di TK ini.

#Catatan: kayaknya, bakalan ngak seimbang buat anak-anak deh dengan komposisi guru yang kebanyakan wanita. Bayangkan saya, nanti malah ketika anak-anak dewasa yang mereka tau, hanya ibu-ibu yang bisa mengajar. Jadi kalo menurut gue, TK gue nanti harus ada guru laki-lakinya. Wajib!!!!

Sekarang masuk kelas ke 2 sampai yang ke 4. Ya… keadannya hampir sama. Anak-anak shock dengan kedatangan gue. Ya itu, karena mereka tau kalo guru Inggrisnya biasanya wanita dan sekarang cowok tulen!. Jadi pas gue masuk, anak-anak langsung diam dan gue langsung bilang, “Good Morning” tapi sayang, anak-anak malah pada bengong. Hemmmmm weird! Pikiran gue pertama. Sebenarnya apasih yang diajarkan guru inggris di sini? Masak cuman Good morning saja ngak tau! Hemmm baiklah, mari kita ikuti gaya guru lama ya! Ngak usah diajari yang aneh-aneh!

#Catatan: Bagi gue, gue lebih senang mengajari yang mendasar, even cuman good morning atau kata yang lain. Tapi dengan catatan mereka paham dan ngerti, ngak sekilas saja. Maleskan, misalkan apa yang udah kita ajarkan eehhh 2 hari kemudian hilang dalam otak anak-anak.

Kejadiaan aneh mulai terasa ketika masuk ke kelas yang terakhir, jam 10 pagi. Jelas saja gue langsung masuk ke dalam ruang kelas dan mulai mengajar. Gue sih asyik-asyik saja, karena ada anak yang memperhatikan. Namun 20 menit kemudia, kalian tau apa yang terjadi? Tiba-tiba saja salah satu anak (yang duduk di pojok) berdiri dan lari keluar dengan ratap tangis yang keras. Gue langsung saja kaget bukan maen dan langsung bertanya kepada ibunya yang kebetulan ada di luar. You know what his mother said to me? Yap, anaknya ketakutan melihat saya! Sejenak gue kaget, kok bisa padahal gue dah pasang senyum selebar-lebarnya sampek gigi gue kering. Namun sudahlah, sang anak tetap ngak bisa diam dan parahnya minta pulang. Jadi hari pertama gue ngajar, saya memulangkan anak sebelum jam kelas usai.

#catatan: tampang gue musti di permak! Biar ngak bikin anak kabur semua, cuman gimana caranya lha wong emang dari sono nya begini. Weird! Tips buat yang baru atau akan menjadi seorang guru, liat perasaan anak dan sebisa mungkin memahami perasaan mereka.


Ya gini deh pengalaman "Pertama" gue ngajar di TK yang besar ini, ada senangnya ada pula dukanya. That’s Life!

No comments:

Post a Comment