Sunday, December 13, 2009

TEOLOGY’S DIARY: MAAF SALAH PENAFSIRAN…..



Jangan salah persepsi dulu ketika baca sekilas judul diatas, saya juga lagi ngak percaya kalo saya bisa menggunakan bahasa yang sedikit teologis dalam judul. (meskipun saya belajar dalam dunia teologi). Tapi yang pastinya ini bukan masalah seberapa besar saya sudah belajar menafsirkan akan setiap ayat-ayat dalam Alkitab, atau bahkan buku-buku teologis yang (ehem*) bermutu. Saya tahu, kalo orang teologis pasti sering di todong ayat-ayat Alkitab dalam setiap suasana (Jadi kayak kamus berjalan gitu dech). Saya aja kadang angkat tangan kalo sudah di Tanya,

“eh..ayat tentang si Zakeus dimana?”
“Ayat soal Nuh..di dearah mana?..…..”
“ayat tentang ini…”
“Kalo ini…”
“Trus……..”
Huhf!!! Saya bisa melongos dan nyengir trus bilang “I think you asking in wrong place hehhehe”. Tapi ya wez, ngak apa-apa dah anggapan orang kalo orang yang sekolah teologi pasti hapual (Hafal) semua isi dari kitab Suci (kan bisa dikira orang pintar hehhe). Well..sekarang kembali ke topic utama ide ini, yang jelas ini bukan masalah penafsiran atau apalah soal Alkitab buku teologi, tapi ini soal ke-lucuan seorang teman kelas ku yang buat ketawa para malaikat Teolog kelasku.

Tepat pagi ini ada ujuan mata kuliah Teologi Perjanjian Lama, dan kalo dilihat sang dosen rada lumayan killer disamping karena gaya dandanannya juga karena sok wibawanya, maklum lah namaya juga PENDETA. (oops!..kayaknya ngak suka). Ya…kalo di fikir-fikir saya juga rada-rada ngak suka dengan dosen yang balagu kayak bapak ini. Dan wal hasil, persiapan dari semalampun dirasa kurang meyakinkan. Sampai pada akhirnya teman ku (pangil saja namanya Prendy, eh,,,Frendy maksudnya) punya ide konyol buat nyontek.

“Aku ntar nyontek lho..” katanya.
“Gimana caranya bukanya si dosen lumayan he’em geblek ya.” Kataku.
“Tenang aja liat aja ntar.” Jawabnya sambil ketawa bangga.
Dan kini, ujian semester dimulai, dan emang kulihat si Frendy tenang-tenang aja ngak bereaksi gugup ato grogi. Saya sendiri heran, emang gimana dia nanti bisa nyontek lha wong tempat duduknya aja dipisah-pisah begini.

Sampai pada akhirnya, saya melihat dia mulai beraksi tapi, (bentar..) Lho dia kok buka Hand Phone segala ada apa gerengan. Kulihat dia mulai menekan tiap tombol pada Hand phone miliknya (Ngak mungkin Hand Phone saya khan..). setelah ia selasai menekan tiap tombol di HP itu, dia tersenyum gaya. Terlihat dia sepertinya menunggu balasan dari pesan singkat yang ia kirim entah kemana tujuannya. Kulihat dia mulai tidak tenang karena kelamaan (emang kelamaan sich wong sudah 20 menitan menunggu). Sampai pada akhirnya, saya melihat seorang teman berdiri di depan pintu.

Gubrak…….

Teman yang ada di depan pintu bilang dengan lantang begini.

“Maaf pulsa ku habis jadi ngak bisa ngirim jawaban.”

Seketika saya langsung menoleh ke arah Frendy, yang sudah lemah lunglai karena ngak percaya, CONTEKAN GAGAL, pikirnya (mungkin).

Sedangkan saya hanya cekikian ketawa melihat tingakh Frendy yang sudah kelimputan cari contekan. Nah…pelajaran penting buat hal ini adalah, seberapa besar kita berjuang untuk “NYOLONG atau NYONTEK” pasti ada aja halangannya ngak semulus kalo belajar sendiri. So don’t try to NYONTEK….!

sumber gambar: http://academic.cuesta.edu/acasupp/as/images/boystudy.gif

No comments:

Post a Comment