Sunday, April 26, 2009

+ / - NYA LCD



Jaman modern sudah bagitu diluar batas pemikiran kita sekarang, sudah banyak perubahan gaya hidup yang semakin instant. Dapat diakui bahwa sekarang ini, orang lebih suka yang instant mulai dari makanan, pendidikan, kekayaan sampai perikahan pun dapat dilakukan secara instant. Di Las Vega, USA, tempat yang terkenal dengan kota Gambling nya. Di salah satu chapel di sana melayani pernikahan drive through, hanya dalam beberapa menit orang bisa jadi suami istri, malahan ada yang menikah dengan aturan waktu, mau yang 1 hari atau yang 1 minggu. Sungguh dunia ini sudah berubah sedemikan rupa.

Satu minggu kemaren, saya dan beberapa teman mengikuti ibadah di salah satu gereja. Saya begtu terberkati dengan ibadah yang sangat khusuk sekali. Bangunan gerja yang besar dengan iringan musik yang benar-benar membuat masuk dalam penyembahan. Jemaat yang hadir pun lumayan banyak, sekitar 80 orang.

Sejenak tiba-tiba pikiranku melayang kearah LCD yang tepat ada di depan, LCD itu memperlihatkan tata cara ibadah dan semua jalannya ibadah, dari kidung pujian sampai ayat dalam Alkitab. Aku jujur saya bersyukur dengan adanya LCD itu, disamping aku tidak bawa Kidung Jemaat aku juga merasa nyaman karena tidak perlu membolak-balik kidung jemaat. Namun tiba-tiba pikiranku berubah, ketika masuk dalam firman Tuhan semua ayat terpampang di LCD dan itu sangar menolong. Tapi yang jadi persoalan adalah beberapa jemaat yang aku lihat sama sekali tidak membawa atau membuka Alkitabnya karena lebih suka membaca di layar depan.

Ada banyak hal memang kuntungan dan kerugian menggunakan LCD dalm ibadah, sebagai contoh yang menjadi ke kurangannya adalah:

1.orang akan lupa untuk membawa Kidung Jemaat atau Alkitab ke Gereja karena sudah ada LCD di dalam peribadatan.

2.Orang akan malas untuk membuka Alkitab karena sudah terpampang jelas.

3.akan benar-benar merugikan LAI sebagai penerbit Alkitab karena dalam peribadatan orang sudah di suguhi di layar LCD, tidak perlu Alkitab lagi.


Sedangkan yang menjadi keuntungan buat peribadatan adalah:

1.Memudahkan dalam beribadah.

2.memudahkan dalam menyampaikan informasi ke pada jemaat karena tidak hanya mendengar tapi juga membaca.

Mungkin hanya itu yang menjadi keuntungan dan kerugian ketika gereja menggunakan layar LCD. Tapi yang jelas, memang ada kurang lebihnya dalam menggunakan semua alat dalam ibadag, tergantung kita melihat dari sudut pandang yang mana.(FK)

1 comment:

  1. ada semangat....
    dan terus semangat!!
    Tuhan slalu ada buat kita, aku dan kamu..

    ReplyDelete